Monday, February 28, 2011

Feeling Useless

Hari senin tanggal 28 Februari 2011 kemarin anak2 seangkatan di HI 2009 main futsal di Erlangga, Jatinangor.

Nah berhubung besok kuliahnya pada siang semua jadinya pada mutusin bakal maen futsalnya dari jam 10 sampe jam 12 malem. Padahal biasanya kan yang main sekitar 10-17an orang, tapi tumben banget malem ini yang dateng buat main ada sekitar 20-25an orang.
Semuannya main kayak biasa, sambil ketawa dan becanda2 engga jelas sekitar 40 menitan. Padahal engga ada firasat atau keanehan apa2, tapi ternyata malem itu pas kita main futsal ada yang kena musibah waktu lagi main.
Yang dapet musibah itu si Adrian Pante

Jadi waktu semuanya udah dapet giliran main, dia main lagi sama timnya. Nah awal-awal main pas lari2 engga ada keanehan apa2. Waktu si adrian dan zico lagi berebut bola, engga sengaja si zico nabrak adrian dari belakang, dan adrian langsung jatoh dan berteriak kesakitan.
Dia teriak "aaagghhhh lutut gw lutut gw aaagghhhh"
Begitu diliat, ternyata tempurung lutut kaki kirinya dislokasi. Semua orang panik. Ada yang teriak2, ada yang tutup mata, ada yang ketawa2, ada juga yang tetep nendang2in bola biar kata si adrian udah tekapar dipinggir lapangan.

Sekarang kenapa judul post kali ini itu feeling useless? Maksudnya adalah, gw merasa gw engga berguna banget waktu dia kena dislokasi.

Gw pernah belajar di PMR pas SMA gimana cara nanganin dislokasi. Waktu SMA juga pernah ada kejadian gitu, dan temen gw Beladenta Amalia ngasih pertolongan pertama dengan cara ngegerakin tempurung lututnya yang geser kebagian tengah ato kebagian yang bener.

Tapi malem itu gw engga bisa apa2, gw bahkan takut buat ngapa2in. Gw mau nyoba ngembaliin tempurung lutut si adrian kelokasi yang sebenernya, tapi ternyata gw engga punya nyali buat itu. Gw takut kalo misalnya gw salah, dia bakal cacat seumur idup, padahal caranya simpel, cukup kembaliin posisinya dulu dan baru kita bawa kerumah sakit.

Akhirnya ambulans yang dipanggil sama anak2 yang laen dateng, dan adrian diangkut kerumah sakit didaerah cibiru.

Memang seharusnya perihal ngobatin cidera kayak gitu harus diserahin ke dokter, bisa kedokter tulang ato dokter khusus olahraga. Tapi yang gw sesali itu, gw bahkan engga bisa ngelakuin pertolongan pertama apapun buat nolongin adrian. Yang bisa gw lakuin cuma ngeliatin dia doang, dan ngebantu ngangkat dia ketandu waktu ambulansnya dateng. Gw bahkan sempet panik dan berteriak ketemen gw. Sampah banget

Dari situ gw mikir, buat apa gw lulus Plat B (Ujian tentang pengetahuan P3K di PMI) di PMR pas SMA, kalo ternyata waktu praktek di real life-nya gw cuma bisa diem doang dan engga bisa ngapa2in.



Fuck, Once again i've been Useless when it comes to friend

No comments:

Post a Comment